JASA PERCETAKAN DAN DESAIN GRAFIS MALANG

Belajar Ilmu Desain Grafis Sebagai Terapan di Bidang Percetakan | JASA PERCETAKAN DAN DESAIN GRAFIS MALANG

9/14/2016

Belajar Ilmu Desain Grafis Sebagai Terapan di Bidang Percetakan


ayo kreatif
Ayo Menjadi Kreatif mulai sekarang

Pentingnya Desain Grafis Untuk Bidang Percetekan

Sebenarnya untuk bahasan mengenai pengertian desain grafis ini sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya, Mungkin akan kami beri ulasan sedikit yaitu desain grafis adalah ilmu berkomunikasi dengan terapan visual menggunakan tulisan atau gambar sebagai penyampain pikiran.

Silahakan baca secara lengkap di Makna Desain grafis

Untuk artikel kali ini kita tidak lagi membahas pengertian dan contoh dari desain grafis namun kami akan memberikan ulasan mengenai pentingnya desain grafis bagi kelancaran jasa percetakan

Percetakan adalah sebuah usaha yang menghasilkan barang-barang cetak seperti brosur, kemasan sebuah produk (packaging) dan masih banyak lagi. untuk bisa menghasilkan itu butuh desainer grafis yang membuat ide gambar dan tema dari produk yang dihasilkan.

Langkah awal untuk di lakukan oleh seorang desain grafis

Dalam menentukan sebuah tema dari sebuah desain produk untuk diciptakan langkah yang harus di tempuh ada beberapa tahap, kadang terlupakan, oleh sebab itu seorang desain grafis banyak memikirkan masalah waktu dalam mengerjakan, tahap-tahap dari langkahnya adalah sebagai berikut ;

kemasan makanan anak
Gambar Contoh Kemasan yang informatif dan mengena di pasar

  1. Seorang desain grafis harus menentukan tema dengan cara Observasi, dengan cara observasi ini akan ditemukan sebuah ide yang sesuai dengan segmen pasar ingin di tuju oleh produk tersebut. Sebagai contoh ; Produk kotak kemasan makanan bayi, dari keinginan produk tersebut oleh pasar dapat ditemukan bahwa rata-rata produk bayi yang menentukan untuk membeli adalah ibu, setelah mendapatkan hasil observasi itu  seorang desain grafis harus membuat desain produk dengan mengarah warna lembut dengan dihiasi font yang sesuai, contoh lain kotak tersebut harus di buat sebesar apa atau model yang bagai mana sehingga pembeli mendapatkan kemudahan dalam membeli produk itu. itulah langkah pertama yang harus di lalui oleh seorang desain grafis.
  2. Seorang Desain grafis harus dapat memberikan kepercayaan kepada klien bahwa tema dan desain yang di buat sudah melalui tahapan observasi mungkin dari daftar angket yang diberikan oleh responden untuk memberikan voting tema produk tersebut. tapi sebenarnya langkah ini tidak terlalu penting bagi seorang desain grafis karena dalam tahap ini yang paling berperan adalah Marketing dari produk tersebut, untuk itu komunikasi terbuka harus dijalin oleh seorang desain grafis dengan pihak klien mengenai produk, dengan sudah melakukan voting kepada responden pasar.
  3. Untuk memberikan waktu, seorang desain grafis harus cermat, dengan memberikan janji waktu singkat akan menjadikan hasil kurang maskimal, karena tidak akan melalui ke-2 tahap di atas, oleh sebab itu seorang desain grafis harus memberikan waktu yang pas kepada klien. Sehingga klien juga akan mendapatkan kepuasan dari hasil yang ciptakan.

Terapan ke percetakan

setelah mendapatkan hasil desain grafis dan pihak klien tersebut menyetujui langkah berikutnya adalah urusan percetakan.
  1.  Pihak produksi yaitu percetakan akan menerima data berupa file dari aplikasi yang digunakan oleh desain grafis.
  2. Percetakan akan membuatkan sebuah cetakan yang sesuai dengan kebutuhan mesin cetak-nya disesuaikan bahan serta ukuran mesin yang digunakan.
  3. Percetakan akan memberikan hasil finish-ing seperti laminasi atau-pun pengerjaan lainya.

Kesimpulan dari desain grafis sebagai terapan di bidang percetakan 

Desain grafis berperan penting dalam pembuatan produk, karena baik dan tidaknya hasil produk tersebut akan berpengaruh pada hasil cetak, asalkan mesin yang digunakan oleh produksi sudah sesuai dengan standar cetak. dilihat dari biaya desain grafis harus dipisahkan dari biaya percetakan
bayak sekarang yang menganggap bahwa desain grafis adalah urusan percetakan, namun ada percetakan yang menangani dengan menyewa desain grafis dengan biaya dari percetakan untuk menghasilkan sebuah produk. kelebihan dari bee desain adalah seorang desain grafis yang mempunyai percetakan sehingga akan lebih memudahkan untuk mengontrol kualitas hasil produksinya.
Bee Desain
JASA PERCETAKAN DAN DESAIN GRAFIS MALANG Updated at: 9/14/2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gunakan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan, kalo tidak saya anggap SPAM