JASA PERCETAKAN DAN DESAIN GRAFIS MALANG

Keunggulan Offset printing dan Digital Printing di Dunia Percetakan | JASA PERCETAKAN DAN DESAIN GRAFIS MALANG

10/11/2016

Keunggulan Offset printing dan Digital Printing di Dunia Percetakan

Mesin Offset Printing
Mesin Offset Printing

Pengertian Offset Printing dan Digital Printing

Offset Printing di tinjau dari pengertian dunia percetakan mempunyai makna sebagai berikut : Offset berasal dari kata Set Off (beralih) dengan maksud lapisan tinta pada plate cetak tidak langsung dialihkan ke permukaan bahan cetak tetapi diberikan terlebih dahulu ke lapisan karet yang terletak di mesin atau nama sebenarnya di dunia percetakan blanket sebagai perantara untuk mentransfer tinta ke permukaan yang akan di cetak.

Untuk Cetak OFFSET dan DIGITAL Kontak Kami 082 233 829423



Untuk Itu Mesin Offset Printing Mempunyai 3 Silinder untuk dapat memproses tinta menjadi sebuah cetakan yaitu Silinder plate, Silinder blanket, dan Silinder impression, sehingga proses menggunakan mesin Offset bisa dikatakan teknik cetak tidak langsung menurut keterangan dunia percetakan.

Mesin Offset Adalah Mesin cetak yang tergantung dengan ketepatan presisi warna dasar CMYK, C (Cyan), M (Magenta), Y (Yellow), K (Black) Komposisi warna tersebut sangat berpengaruh terhadap hasil cetak di dalam penggunaan Mesin Offset Printing.

Keunggulan Mesin Offset Printing dilihat dari percetakan, dengan kapasitas yang tinggi mesin offset printing ini cenderung lebih efisien dalam waktu dan biaya, kenapa seperti itu? di tinjau dari waktu mesin offset printing apabila mencetak dengan kapasitas yang tinggi dapat menghasilkan 13000 cetak per jam. Kita ambil contoh Mesin Offset Printing 4 warna dengan merk Heidelberg speed master Produksi Germany, dengan menggunakan mesin peralatan 4 warna ini sekali cetak dapat menghasilkan kapasitas 13000 cetak per jam sehingga kalau di hitung secara matematis mesin ini sangat minim waktu apabila di kalikan 24 jam maka berapa yang dihasilkan? maka jawabanya 13000 x 24 jam silahkan hitung sendiri. Sedang kan Untuk Biaya secara otomatis akan berpengaruh dengan tenaga kerja percetakan dan komponen percetakan lainya, tentunya apabila mencetak dengan kapasitas banyak Offset printing lebih efisien.

Perbandingan Antara Offset printing dan Digita Printing

Mesin Digital Print
Mesin Digital Print
Pengertian Digital Printing oleh percatakan adalah Mencetak dengan teknologi digital yaitu secara langsung, kebalikan dari offset printing, dalam digital printing, proses pencetakan sebuah media melalui proses digital dari komputer langsung cetak, sebagai contoh kecil kita menggunakan printer adalah juga termasuk proses cetak digital, cetak digital mempunyai kelebihan apabila kita hanya mencetak kebutuhan cetak minim atau sedikit hal ini disebabkan karena kapasitas cetak yang dihasilkan oleh mesin digital juga terbatas, kita mengambil contoh mesin digital paling besar hanya mampun mencetak  kurang lebih 2000 per jam hal ini sangat kelihatan apabila menggunakan Mesin digital print sangat lemah apabila digunakan untuk sebuah produksi dengan kapasitas besar, sehingga untuk biaya pun secara tidak langsung cenderung lebih tinggi pengeluaranya. Namun ada kelebihan lain dari mesin digital ini yaitu ukuran cetak dapat mencetak dengan kapasitas lebar 3 meter untuk mesin digital Banner.

Apabila di bandingkan Mesin Offset printing dan Digital Printing masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan yang tidak bisa di samakan yaitu Mesin Offset printing mempunyai kelebihan Biaya apabila cetak banyak dan digital printing mempunyai kelebihan apabila cetak sedikit.
Mesin Digital Print Banner
Mesin digital Print Banner

Kesimpulan dari Keunggulan Offset printing dan Digital Printing 

Dari ke dua jenis mesin tersebut dapat disimpulkan dengan asumsi biaya percetakan mempunyai kelebihan dengan jumlah kapasitas yang di produksinya dengan keinginan mencetak jumlah besar, maka harus menggunakan mesih offset untuk memproduksi, begitu juga sebaliknya dengan keinginan mencetak dengan kapasitas kecil harus menggunakan mesin Digital printing.

Bee Desain
JASA PERCETAKAN DAN DESAIN GRAFIS MALANG Updated at: 10/11/2016

1 komentar:

  1. bagus juga blognya gan dan infonya juga nambah wawasan. terima kasih gan sebelumnya sudah mampir di blog ane www.pergipedia.com

    BalasHapus

Gunakan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan, kalo tidak saya anggap SPAM